Salat dan Kesehatan Mental

05:29


Urgensi shalat dalam islam

1. Shalat adalah rukun yang bersifat amali ( perbuatan anggota tubuh ) yang pertama dalam islam dan merupakan rukun yang ke dua setelah syahadat.
2. Allah mewajibkan shalat kepada rasulullah pada malam Mi’raj dengan tanpa perantara.Atas saran nabi  Musa Rasulullah berulang kali menghadap Allah untuk meminta keringanan.
3. Siapa yang menjaga shalat maka terhadap yang lain di juga akan lebih bisa mejaga.begitu juga sebaliknya.
4. Tiada satupun dalam  rukun islam yang jika ditinggalkan menjadi kafir,kecuali shalat.
5. Dosa dan kesalahan akan terhapus oleh, sebagaimana hilangnya kotoran oleh air.
6. Pembagian waktu shalat pada malam dan siang menjadikan hamba selalu terikat dengan Rabb-Nya.
7. Perhatian Nabi dalam mengajarakan shalat kepada para sahabat sangat besar,beliau bahkan masih mawasiatakan shalat kepada mereka hingga saat menjelang kewafatan beliau.
8. Islam menjadikan azan sebagai seruan berkumpul untuk melaksanakan shalat sebagai seruan berkumpul untuk melaksanakan shalat sebagai kewajiban, sengaja meninggalkan shalat adalah berdosa dan wajib diperangi.
9. Banyak teks Al-Quran dan hadist nabi yang menerangkan tentang perintah menjaga shalat pada waktunya.
Hukum Meninggalkan Shalat
Shalat adalah rukun mulia diantara rukun-rukun islam, sebagai bangunan islam yang agung,dan shalat adalah tiang agama.
Berikut adalah beberapa firman Allah berkenaan dengan shalat:
Y      Dan dirikanlah shalat tunaikanlah zakat,dan rukuklah beserta orang-orang yang rukuk.” (Al-baqarah:43)
Y      Jadikanlah sabar dan shalat sebagai penoolongmu,dan sesungguhnnya ysng demikian itu sungguh berat,kecuali bagi orang-orang yang khusyuk.”( Al-Baqarah : 45 )
Y      Sesungguhnya, Shalat itu adalah fardlu yang ditentukan waktunya bagi orang yang beriman.” ( An-Nisa : 103 )
Ayat – tentang pujian dan sanjungan bagi mereka yang menunaikan shalat jumlahnya tidak terhitung.
Adapun dalam sunnah,banyak hadist yang menjelaskan tentang kewajiban shalat,urgensinya,dan menjaga shalat pada tiap-tiap waktunya; berikut diantaranya :
Ø  Abu Hurairah berkata bahwa dia mendengar Rasulullah bersabda, ” Apa pendapat kalian jika satu sungai berada didepan pintu salah seorang dari kalian dan dia bisa mandi tiap hari sebanyak lima kali . Apakah akan masih tersisa dari kotorannya walaupun sedikit?” Sahabat menjawab, ”Tidak akan tersisa kotoran sedikitpun.” Rasulullah bersabda lagi, ” Itulah perumpamaan shalat yang lima waktu,dengannya Allah akan menghapus segala kesalahan.” HR  Bukhari (1397) dan muslim (116).
Ø  Perjanjian anatara kami dan mereka ialah shalat.Siapa yang meninggalkanya maka dia telah kafir.
Ø  Syarat-syarat Shalat :
Syarat menurut istilah sesuatu yang harus ada karena ketiadaanya akan menyebabkan tidak adanya sesuatu.
Sedangkan syarat sahnya sholat ada 5 yaitu :
1.      Niat
Niat seperti yang dituntunkan nabi yaitu niat cukup dalam hati tanpa diucapakan.
2.      Suci dari berbagai hadast dan najis
Hadast adalah suatu sifat yang dapat menghalangi shalat dan ibadah lain yang sejenis  yang (memerlukan kondisi suci).
3.      Masuk waktu shalat
Jika seseorang melakukan shalat sebelum waktunya maka dia tidak disebut menunaikan kewajiban.
4.      Menutup aurat
Seorang muslim hendaknya menutup aurat dengan sesuatu yang bagus seperti yang dicontohkan Rasulullah.
5.      Mengahdap kiblat
Jika seorang muslim sedang berada dirumah, dimasjid, atau tempat lain dimuka bumi maka dia wajib mencari arah kiblat,tetapi jika dia sedang berada dimasjidil haram dan melihat ka’bah dia wajib menghadap ke ka’bah dengan tepat.
Kewajiban dalam shalat
1.      Takbir ,selain takbiratu ihram.Disebut juga dengan takbirunnaql ( takbir untuk perpindahan ).Nabi selalu menekuninnya.
2.      Membaca  (Sami’allahuliman hamidah : semoga Allah mendengar orang yang memuji-Nya) bagi imam dan orang yang shalatnya sendirian.
3.      Membaca (Rabbana lakal hamd : Wahai rabb kami, segala puji bagi-Mu)bagi makmum.
4.      Membaca (Subhana rabbiyal ‘azim : Mahasuci Rabb-ku yang Maha Agung ) satu kali pada saat rukuk .
5.      Membaca ( subhana rabbiyal a’la : Mahasuci Rabb-ku Yang Mahamulia)
6.      Membaca (rabbigfirli : Wahai Rabb-ku,ampunilah aku )
7.      Tasyahud awal yaitu tahiyat ( pujian ) tanpa shalawat ibrahimiyah,sebagaimana dilakukan Nabi.
8.      Duduk untuk tasyahud awal tidak sah dilakukan pada saat berdiri.
Hal-hal yang membatalkan dan mengurangi kesempurnaan shalat :
1.      Hanya membaca Al-Fatihah yanpa mmbaca apa pun dari Al-Quran pada dua rakaat pertama.
2.      Menolehkan wajah tanpa keperluan yang jelas.
3.      Memejamkan mata pada saat shalat.Itu adalah diantara perbuatan yahudi  yang dapat menyebabkan tertidur.
4.      Segala sesuatu yang  menghilangkan kekhusyukan.
5.      Menempelkan lengan ke lantai pada saat sujud.
6.      Bergerak-gerak sia-sia tanpa ada keperluan yang jelas.
7.      Meletakkan keduatangan diatas pinggang sebagimana larangan nabi.
8.      Menghadap kearah yang dapat melalaikan shalat atau mengesankan pada penyembhaan   berhala,seperti menghadap api,gambar,atau menghadap orang yang yang sedang bercakap-cakap.
9.      Menutup wajah bagi wanita,kecuali ada laki-laki yang bukan mahram.
Disamping shalat fardu Rasulullah juga melaksakan shalat sunnah.shalat sunnah ada banyak macamnya antara lain :
1.      Shalat dhuha
2.      Shalat Rawatib
3.      Shalat istikharah
4.      Shalat tahajjud
Dan masih bnyak lagi shalat sunnah yang lain.
Hubungan Shalat dengan Kesehatan Mental
Kesehatan mental ( Mental Hygiene) adalah terhindarnya individu dari gejala-gejala gangguan jiwa dan penyakit jiwa, dapat menyesuaikan diri, dapat memanfaatkan segala potensi dan bakat yang ada semaksimal mungkin dan membawa kepada kebahagiaan serta tercapainya keharmonisan jiwa dalam hidup.
Cara dan sikap dalam menghadapi segala permasalahan sangat ditentukan oleh kesehatan mental. Jadi yang menentukan ketenangan dan kebahagiaan hidup adalah kesehatan mental. Kesehatan mentallah yang  menentukan apakah orang akan mempunyai kegairahan untuk hidup atau tidak. Orang yang sehat mentalnya tidak akan mudah merasa putus asa, pesimis atau apatis, karena ia dapat mengahadapi semua rintangan  atau kegagalan hidupnya dengan tenang.
Seseorang dikatakan terganggu kesehatan mentalnya bila terjadi kegoncangan emosi, depresi, dan prilaku abnormal. Dari hasil penelitian yang dilakukan terhadap pasien-pasien yang bermasalah kesehatan mentalnya, dapat disimpulkan bahwa kesehatan mental yang terganggu dapat mempengaruhi keseluruhan hidup seseorang. Di antara gangguan jiwa yang disebabkan oleh kesehatan mental ialah rasa cemas, iri hati, sedih, merasa rendah diri, inferior, pemarah, ragu dsb.
 Shalat merupakan suatu aktivitas jiwa yang termasuk dalam kajian ilmu psikologi transpersonal.shalat adalah proses perjalanan spiritual yang penuh makna yang dilakukan seorang manusia untuk menemui Tuhan Semesta Alam. Shalat dapat menjernihkan jiwa dan mengangkat orang yang menunaikannya untuk mencapai taraf kesadaran yang lebih tinggi dan pengalaman puncak spiritualitas. Shalat memiliki kemampuan untuk mengurangi kecemasan karena ia merupakan meditasi tertinggi dalam Islam. Gerakan shalat merupakan sebuah proses relaksasi.Bacaan-bacaan dalam shalat bisa memunculkan auto sugesti yang membuat kita selalu berpandangan positif terhadap permasalahan yang dihadapi. Ketika shalat, ruhani bergerak menuju Zat Yang Maha Mutlak. Pikiran terlepas dari keadaan riil dan panca indra melepaskan diri dari segala macam keruwetan peristiwa di sekitarnya.

1. Shalat merupakan Terapi Mental Paling Ampuh
Saat seseorang shalat terjadilah proses penentraman jiwa dan relaksasi tubuh dalam menghadap Sang Pencipta secara berulang-ulang. Shalat menjadi sebuah momen dimana seseorang dapat meredakan emosi dan melunakkan kegelisahan di antara rutinitas sehari-hari yang ia jalankan. Dari sini, akan terpancar ketentraman jiwa dan ketenangan fisik yang diperlihatkan oleh shalat.
2. Shalat adalah salah satu teknik terbaru dalam Terapi Perilaku yang dipraktikan oleh para psikiater
Psikiater yang menggunakan shalat sebagai media terapi, akan melatih dan membiasakan pasien untuk mengubah posisi saat marah. Misalnya, kalau pasien sedang marah sambil berdiri maka disarankan untuk duduk. Jika pasien duduk dalam keadaan marah, maka disarankan untuk berbaring terlentang lalu membuang ketegangan saraf sampai kemarahannya hilang. Dalam dunia kedokteran, hal ini disebut "pembentukan perilaku".
3. Shalat memiliki beberapa faktor penyembuhan seperti berikut:
a. Pembentukan komunitas masyarakat yang hidup dalam lingkungan kasih sayang. Orang yang sholat jiwanya akan merasa tentram dan aman sehingga timbul rasa saling mengasihi sesama umatNya.
b. Pembentukan sikap lembut dan rendah hati kepada orang lain.Maksudnya adalah bahwa setiap orang yang shalat tidak ada perbedaan perasaan lebih tinggi dari pada seseorang yang lainnya, meskipun ia seorang pejabat sekalipun. Karena dihadapan Tuhan, semua makhluk tidak ada yang lebih besar atau kecil jabatannya dalam shalat.
c. Mengkikis habis faktor-faktor kedengkian tertahap orang lain. Pada intinya, seseorang yang paham dengan manfaat shalat ia akan senantiasa memiliki anti-dengki terhadap sesamanya, karena didalam shalat terkandung kelembutan yang bisa membuat hati pelaksananya tenang.
d. Pemupusan rasa asing yang banyak dikeluhkan para penderita penyakit jiwa. Dalam shalat, seseorang yang jiwanya sakit, akan melihat banyaknya harapan karena buah dari kesabarannya melaksanakan shalat.
Dengan muatan faktor yang begitu hebat, maka shalat tidak diragukan lagi sebagai obat mujarab yang menyembuhkan Penyakit di dalam hati. Itulah alasan Allah menyuruh manusia untuk melakukan shalat yang tidak lain adalah untuk kebaikan manusia sendiri.
Sholat untuk pengobatan dan kesehatan
 sholat juga punya efek menyehatkan tubuh. Seorang pakar ilmu pengobatan tradisional, Prof H Muhammad Hembing Wijayakusuma, telah melakukan penelitian yang mendalam tentang hal itu. Hasil penelitian itu dituliskannya dalam buku yang berjudul “Hikmah Sholat untuk Pengobatan dan Kesehatan”. Bahkan, duduk Tasyahud diyakini bisa menyembuhkan penyakit tanpa operasi.
 Apa hubungan sholat dengan kesehatan ? menurut Hembing, setiap gerakan-gerakan shalat mempunyai arti khusus bagi kesehatan dan punya pengaruh pada bagian-bagian tubuh. 
 Rukuk: untuk menghindari penyakit yang menyerang ruas tulang belakang yang terdiri dari tulang punggung, tulang leher, tulang pinggang dan ruas tulang tungging. Dengan melakukan rukuk, kita telah menarik, menggerakan dan mengendurkan saraf-saraf yang berada di otak, punggung dan lain-lain.
 Sujud: Bersujud dengan meletakan jari-jari tangan di depan lutut membuat semua otot berkontraksi. Gerakan ini bukan saja membuat otot-otot itu akan menjadi besar dan kuat, tetapi juga membuat pembuluh darah dan urat-urat getah bening terpijat dan terurut. Posisi sujud ini juga sangat membantu kerja jantung dan menghindari mengerutnya dinding-dinding pembuluh darah.
Duduk tasyahud: Posisi duduk dengan mengangkat kaki kanan dan menghadap jari-jari ke arah kiblat ini, secara otomatis memijat pusat-pusat daerah otak, ruas tulang punggung teratas, mata, otot-otot bahu, dan banyak lagi terdapat pada ujung kaki. Untuk laki-laki sikap duduk ini luar biasa manfaatnya, terutama untuk kesehatan dan kekuatan organ seks.
Salam: berpaling ke kanan dan ke kiri bermanfaat membantu  menguatkan otot-otot leher dan kepala.

Sebaliknya, bentuk-bentuk tekanan mental seperti Stres maupun Depresi membuat seseorang rentan terhadap berbagai penyakit, infeksi dan mempercepat perkembangan sel kanker serta meningkatkan metastasis (penyebaran sel kanker). Tekanan mental itu sendiri terjadi akibat gangguan irama sirkadian (siklus bioritmik manusia) yang ditandai dengan peningkatan Hormon Kortisol. Perlu diketahui, Hormon Kortisol ini biasa dipakai sebagai tolok ukur untuk mengetahui kondisi seseorang apakah jiwanya tengah terserang stres, depresi atau tidak.

Klp III, berbagai sumber

You Might Also Like

0 comments

Hallo.. a warm greetings from me ^O^
Kindly write your thoughts in the comment box. I’ll read every comments I get from you.

Do not forget to click button ‘Notify Me’ to get notification when I replied your comments.
Let’s spread love and positivity ♡♡♡

Regard, Ika :)

Instagram

Follow G+

close
Banner iklan disini