Teori Obidience, Teori Konformitas,

22:11


Teori Obidience (Kepatuhan)
Stanley Milgram (1963-1974)
·           Isi Teori : Bila seseorang menampilkan perilaku tertentu karena adanya tuntutan meskipun sebenarnya ia tidak suka atau tidak mengkehendaki perilaku tersebut  dikatakan kepatuhan.
·           Partisipan atau subjek penelitianStanley melakukan penelitiannya terhadap  40 orang partisipan untuk mengetahui pengaruh hukuman terhadap  prestasi. Kemudian 20 orang menjadi guru dan 20 orang menjadi murid.
·      Prosedur Penelitian:  Penelitian ini menggunakan 3 orang, yaitu Subjek (Teacher), Eksperimenter dan Learner (orang yang berpasangan dengan Subjek).
·         Eksperimenter meminta Subjek (teacher) untuk membacakan soal-soal yang akan dijawab oleh Learner. Bila learner salah, harus dihukum oleh Subjek (Teacher) dengan sengatan listrik. Setiap kali membuat kesalahan, hukuman dinaikkan 15 volt.
  • Subjek (teacher) dan learner dipisahkan dalam ruangan yang berbeda tetapi tetap dapat berkomunikasi.
·         Sebelum eksperimen berlangsung, alat ini dicobakan pada Subjek (teacher) agar dapat merasakan bagaimana rasanya sengatan listrik.
  • Ketika sengantan diberikan learner berpura-pura kesakitan dan mulai mengeluhkan tentang kondisi jantungya.
  • Pada saat ini banyak subjek (teacher) memutuskan untuk menghentikan penelitian dan memeriksa kondisi learner. Namun mereka menyerah saat experimenter mengatakan ”Experimen ini menuntut Anda untuk melakukan ini”.
  • Beberapa subjek (teacher) mulai memperlihatkan kondisi-kondisi stres yang ekstrim ketika mendengarkan suara teriakan yang berasal dari learner. Seperti berkeringat, gemetar, ragu-ragu, menggigit lidah, dan mencakar diri mereka sendiri – tetapi mereka tetap mematuhi perintah.
·         Pemberian hukuman itu tidak sungguh-sungguh terjadi karena semuanya sudah direkayasa. Yang ingin diteliti dalam eksperimen ini adalah seberapa jauh kepatuhan Subjek (teacher) terhadap Eksperimenter. Hasil penellitian ini, hanya 12,5% Subjek yang berhenti sesudah memberikan hukuman pada batas 300 volt sehingga sampai pada akhir eksperimen, lebih dari 60% mematuhi perintah Eksperimenter.


Pada penelitian kemudian yang dimodifikasi, dengan memperdengarkan jeritan atau keluhan dari Learner, ternyata hasilnya 37,5% tidak lagi mematuhi perintah Eksperimenter. Bila Subjek dan Eksperimenter berada dalam satu ruangan (dekat sekali), 60% tidak mematuhi perintah, 75% Subjek tidak mematuhi perintah bila dia harus memegangi alat eksperimennya. Dalam keadaan demikian, hanya 5% Subjek yang mau memberikan hukuman di atas 150 volt. Sedangkan dalam keadaan berkelompok, 67,5% mau meneruskan percobaan.
Beberapa hal lain yang mempengaruhi obedience, yaitu jenis kelamin dan tingkat otoritas orang yang memberi perintah. Untuk hal-hal yang mengerikan, wanita biasanya lebih tidak patuh sehingga di dalam penelitiannya Milgram ditemukan wanita yang lebih banyak menolak perintah. Tingkat otoritas memang berpengaruh pada kepatuhan. eg. Orang lebih patuh diperintah atasannya daripada diperintah temannya sendiri.

Teori Konformitas
Solomon E. Asch (1956, 1958)

Isi Teori: Pengaruh sugesti (mayoritas) terhadap penilaian individu dalam keadaan kebersamaan itu besar apabila individu itu ragu-ragu dalam penilaiannya. Sugesti (mayoritas) tidak berpengaruh apabila individu dengan jelas mengetahui apa yang harus ia lakukan. Pengaruh sugesti (mayoritas) akan diperkecil apabila terdapat pula sugesti minoritas yang berlawanan dengan sugesti mayoritas dalam keadaan yang sama.
Partisipan: 50 orang
Prosedur penelitian:
·         Dalam eksperimen ini, terdapat tiga variabel yaitu jumlah mayoritas, jumlah minoritas, dan taraf kesukaran tugas. Dalam eksperimen ini, partisipan berjumlah 50 orang dan diuji satu persatu untuk menilai dan membandingkan panjang garis yang satu terhadap yang lain dari berbagai macam gambar yang diproyeksikan pada dinding ruang eksperimen. Dalam gambar seperti yang dicontohkan dibawah ini, individu ditugasi untuk menyatakan garis mana diantara garis nomor 1, 2 dan 3 sama panjangnya dengan garis A.






 






          ·         Gambar yang disebelah kiri lebih mudah dinilai daripada gambar yang disebelah kanan. Eksperimen berlangsung dalam ruang setengah gelap. Disamping partisipan yang sedang diuji, ada orang lain yang berjumlah 8 orang (rekan dari Asch yang berpura-pura menjadi partisipan) yang disebut mayoritas. Kelompok mayoritas ini diinstruksikan untuk mengekuarkan pendapatnya secara keras sehingga didengar oleh partisipan yang sedang diuji.
  • 8 orang tersebut, diberikan instruksi tanpa sepengetahuan subjek. instruksinya ialah memberikan jawaban yang salah sebanyak 12 dari 18 pertanyaan.
  • Hasilnya mengejutkan, 76% peserta menyesuaikan (conformed) paling tidak dalam 1 percobaan. Maksudnya menyesuaikan adalah walaupun Subjek telah mengetahui jawaban yang benar (misalnya menjawab B), tetapi karena Aktor yang lain menjawab A. Jadi Subjek ikut menjawab A. 
Pertanyaan-pertanyaan mayoritas itu merupakan pernyataan yang salah. Ternyata hasilnya adalah ke 50 orang lebih mudah menjawab mengikuti sugesti dari mayoritas. Jadi, apabila tugasnya cukup  jelas, ia tidak dipengaruhi oleh sugesti mayoritas tetapi apabila tugasnya sulit, ia rela mengikuti pendapat mayoritas walaupun mayoritas itu salah.

Teori NormanTripplet
Norman Triplett, 1989
Isi Teori : (disebut teori dynamogenesis) pengaruh keberadaan orang lain terhadap kinerja (performance) individu

Partisipan atau subjek penelitian:  40 orang anak

Prosedur Penelitian :

·         Tripplet mengatur 40 anak untuk memainkan satu game yang sederhana, baik dalam kelompok ataupun individual.
·         Anak2 mengerjakan tugas yang sama  dalam ruangan yang sama, tapi mereka tidak berinteraksi satu dengan yang lainnya (disebut tugas coactions)
·         Seperti halnya pengendara sepeda, apa yang dilakukan oleh anak2 tersebut lebih baik ketika mereka memainkan game tersebut dalam kelompok. Study yang dilakukan oleh Tripplet ini dinamai social Facilitation: meningkatnya performance ketika individu lain ditampilkan.



Daftar Pustaka
http://www.has.vcu.edu/group/trip.htm

You Might Also Like

1 comments

Hallo.. a warm greetings from me ^O^
Kindly write your thoughts in the comment box. I’ll read every comments I get from you.

Do not forget to click button ‘Notify Me’ to get notification when I replied your comments.
Let’s spread love and positivity ♡♡♡

Regard, Ika :)

Instagram

Follow G+

close
Banner iklan disini